top of page
Search
  • informeemedia

Memahami Diri Berdasarkan Zodiac dalam Tokoh Wayang


Yogyakarta- Memahami diri berdasarkan zodiac mungkin sudah biasa. Namun apa jadinya ya bila memahami diri berdasarkan zodiac dalam tokoh wayang?


Ide kreatif ini muncul dari agensi Helioscrative.id. Bekerjasama dengan museum wayang kekayon Yogyakarta menyelenggarakan acara yang berjudul “Ajining DIri Dumunung Ing Wayang”. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2019 ini dihadiri oleh R Bima S Raharja selaku Dosen Prodi Sastra Jawa FIB UGM dan Andana Kay yang berprofesi sebagai Social Media Influencer yang sudah akrab dengan zodiac.

Acara ini merupakan jawaban dari permintaan museum yang menginginkan agar pengetahuan generasi muda terhadap wayang semakin bertambah tetapi dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. “iya, jadi pada saat kami main ke museum ternyata zodiak tuh ada kaitannya juga dengan tokoh dari perwayangan, makanya kami memutuskan untuk mengambil tema ini buat diangkat untuk jadi event.” Ucap Thia salah satu panitia yang merupakan anggota dari agensi Helioscreative.id.

Acara ini merupakan acara membahas mengenai karakter wayang yang sesuai dengan zodiak yang kita miliki. Acara yang berlangsung selama tiga jam ini berlangsung dengan lancar dan disambut dengan antusiasme dari para peserta yang penasaran dengan karakter wayang berdasarkan zodiak mereka. “Aku seneng, soalnya pembahasannya itu unik, karena ternyata zodiac sama wayang itu ada hubungannya.” Ungkap Octa salah satu peserta dari acara ini. Octa yang memiliki zodiac Libra memiliki karakter yang sama seperti tokoh wayang Sengkuni.

Dengan adanya acara seperti ini, harapannya antusiasme masyarakat terutama generasi muda terhadap wayang semakin meningkat. Selain itu, keinginan masyarakat untuk berkunjung ke museum dan mencintai budaya serta sejarah semakin bertambah. “Harapan kita event ini tuh sebagai langkah awal buat anak-anak muda atau kaum milenial supaya mereka pengen tau lebih lanjut tentang wayang trus pengetahuan mereka tentang wayang juga bertambah, padahal wayang adalah warisan budaya yang mahal banget.” Ucap Thia saat kami tanya tentang harapan dari event ini.

108 views0 comments

Recent Posts

See All

Dimas Septian 16090587

Yang sudah saya pelajari selama kuliah di kelas Produksi Multimedia: Apa saja kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang jurnalis di masa kini dan di masa yang akan datang. Apa saja yang perlu diperha

Post: Blog2_Post
bottom of page