top of page
Search
  • informeemedia

Catatan Refleksi #PMMUAJY2019



(Agatha Duhita/160906035)


PMM atau Produksi Multimedia merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa pengampu konsentrasi studi media massa dan digital. Penjelasan di awal pembelajaran pastinya mengenai multimedia itu sendiri. Berbagai macam bentuk media sangat menunjang nilai suatu berita. Selain itu materi tentang produksi juga diberikan, mulai dari podcast, produksi radio, live report, photostory, infografis, dan pembuatan video yang baik. Dalam mata kuliah ini pula, penggunaan platform media sosial juga sangat ditekankan seperti instagram, twitter, youtube, soundcloud, dan lain sebagainya.


Jujur saja adanya produksi radio untuk uts, saya menjadi belajar banyak mengenai Adobe Audition untuk membuat iklan, bumper, sweeper, chainbreak, dan jingle. Awalnya saya sangat takut karena belum pernah menyentuhnya sama sekali. Tak disangka saya bisa mempelajarinya secara mandiri dan menghasilkan karya konten radio yang matang.


Meski telah diberikan penjelasan, akan tetapi untuk praktek menggunakan aplikasi Adobe Audition dilaksanakan beberapa mingu setelah uts. Hal tersebut cukup membingungkan karena tidak semua pernah berkenalan dan mempunyai aplikasi tersebut. Sedangkan operasi jam buka lab. komputer dan lab. avi terbatas.


Sedangkan saat ini tugas untuk uas membuat program tv yang mana lebih sukar karena mengorganisir dua media yakni visual dan audio. Jelas hal tersebut lebih rumit serta setelah uts belum memperdalam mengenai editing video khususnya untuk program televisi.


Walau pun begitu saya tetap bersyukur karena dengan adanya tugas setiap minggu pada mata kuliah menjadikan saya lebih bertanggung jawab yang juga berguna bagi diri saya. Saya memiliki harapan mendapatkan nilai A karena saya aktif dalam kelompok dan diri saya sendiri. Di dalam kelompok, saya kerap kali menjadi konseptor bahkan sekaligus menjadi eksekutor.


Tidak adanya konseptor tentunya akan menghambat berbagai tugas yang diberikan karena akan kelompok akan bingung dengan arah yang tidak jelas.

Begitu pula dengan eksekutor, adanya konsep saja tidak menjamin suatu tugas selesai. Selain itu saya juga mengerjakan tugas yang diberikan. Berikut saya sertakan link mengenai tugas-tugas saya.


Portofolio:

11 views0 comments

Recent Posts

See All

Dimas Septian 16090587

Yang sudah saya pelajari selama kuliah di kelas Produksi Multimedia: Apa saja kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang jurnalis di masa kini dan di masa yang akan datang. Apa saja yang perlu diperha

Post: Blog2_Post
bottom of page