top of page
Search
  • informeemedia

Bisa Apa Aku Tanpa Produksi Multimedia

Satu semester hampir usai. Tiba saatnya saya untuk merefleksi apa yang sudah saya pelajari selama ini di kelas produksi multimedia.


Produksi multimedia merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh disemester ini. Perasaan campur aduk menghantui ketika mendengar kata produksi multimedia. Harus dapat memproduksi sebuah karya melalui kanal multimedia merupakan kata kunci yang terbersit ketika membaca judul mata kuliah ini.

Banyak yang saya dapatkan dari matakuliah ini, antara lain:

1. Selangkah menjadi jurnalis dengan menulis artikel dan berita

Melalui produksi multimedia saya belajar untuk menulis artikel dan berita. Menulis sesuai dengan karakteristik era new media dan tentunya juga dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Selama satu semester ini saya memproduksi artikel kemudian dipublikasikan melalui kompasiana dan juga website kelompok

2. Debut jadi penyiar amatir melalui Podcast

Tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk membuat sebuah konten melalui media Podcast. Produksi multimedia mengajarkan saya untuk membuat konten yang menarik untuk didengar dan juga pemanfaatan aplikasi digital untuk membuat podcast.

3. Menjadi fotografer handal dan sutradara muda dengan ilmu Fotografi dan Sinematografi


hasil karya saya

Selain menulis dan membuat podcast hal yang saya dapatkan dan pelajari dari produksi multimedia adalah fotografi dan sinematografi. Mulai dari konsep hingga pengolahan akhir. Merealisasikan konsep menjadi sebuah video sudah saya lakukan di kelas ini.


 

Untuk mempermudah melihat apa saja yang sudah saya hasilkan selama satu semester ini, berikut adalah portofolio saya

Artikel


Podcast


Video


Jalan-jalan ke Kota Pati

Berkunjung ke rumah Amin

Mas Boi yang baik hati

Terimakasih bila mau memberi nilai A- :)

Bila ditanya nilai apa yang diharapkan. Saya mengharapkan nilai A- dan semoga dapat dikabulkan. Nilai A- tidak semata-mata saya minta, banyak proses yang saya lalui mulai dari menulis artikel, membuat sebuah perusahan media yang memproduksi radio visual dan program televisi, mengedit audio dan video, membuat podcast hingga mempromosikan semua konten yang telah dibuat.

semua tugas yang diberikan saya kerjakan dengan niat yang utuh walau juga sempat bentrok dengan tugas yang lain. Viewers Kompasiana tergolong tinggi dan dalam tugas kelompok saya berpartisipasi secara aktif. Selalu ditunjuk dikelas dan sebisa mungkin menjawab dengan optimal. Saya juga mengikuti pelatihan yang disarankan di clasroom :)


sertifikat workshop menulis

Banyak yang saya dapatkan dari mata kuliah ini, selain kemampuan dalam memproduksi konten multimedia saya juga mendapat pemahaman bahwa sebagai pekerja media kelak menguasai berbagai media (multimedia) sangat diperlukan. Semoga ilmuyang saya dapatkan menjadi bekal saya kedepannya

Rosiana Dini Rahmasari

160905890

13 views0 comments

Recent Posts

See All

Dimas Septian 16090587

Yang sudah saya pelajari selama kuliah di kelas Produksi Multimedia: Apa saja kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang jurnalis di masa kini dan di masa yang akan datang. Apa saja yang perlu diperha

Post: Blog2_Post
bottom of page